“Slow food…

Good process, gooood quality!”
Begitulah jargon OJ TPHP 2014. Orientasi jurusan TPHP kali ini mengangkat tema slow food lho, yang dicerminkan dengan gambar di poster yang berbentuk siput yang membawa spatula.

Orientasi jurusan ini dimulai pada tanggal 12 September sampai 14 Semptember 2014. Kegiatan yang dilakukan para peserta pada hari pertama adalah tour lab, yaitu berkeliling mengunjungi lab yang akan mereka gunakan selama menempuh kuliah. Selain itu, ada sesi pengenalan jurusan dari ketua jurusan dan dosen. Pada sesi ini para peserta dijelaskan tentang ke-TPHP-an bagi mereka yang masih bingung tentang jurusan TPHP, terutama tentang yang akan mereka pelajari.

Pada hari kedua, kegiatan yang para peserta lakukan tidak kalah seru dengan hari pertama. Kali ini mereka mengunjungi industri bakery yaitu Manna Bakery yang terletak di dekat Bandar Udara Adisucipto. Pada kunjungan ini mereka dijelaskan tentang sejarah berdirinya industri tersebut, bahkan mereka juga melakukan demo pembuatan roti. Tidak hanya mendengarkan tentang sejarah berdirinya industri tersebut, mereka juga mendapat kesempatan untuk melihat langsung proses produksi pembuatan roti. Setelah berkunjung ke Manna Bakery, para peserta kembali ke FTP dan berdiskusi tentang pengertian slow food.

Pada hari ketiga para peserta mendapat tugas untuk membuat sebuah produk inovasi dari bahan pangan yang sesuai dengan nama kelompok mereka pada sesi food club. Mereka begitu antusias dalam memasak dan mengolah bahan pangan tersebut, seperti membuat singkong cubit, cireng bayam, teh melinjo, susu kedelai hitam dan banyak lagi hasil inovasi mereka. Tidak hanya memasak, mereka juga mendapat kesempatan untuk mempromosikan hasil inovasi mereka di depan teman-teman dan Steering Committee. Pada hari ketiga ini mereka juga melakukan outbound mengelilingi FTP, namun di pertengahan sesi outbound tiba-tiba datang komisi kedisiplinan yang memberhentikan outbound tersebut. Para peserta diperintahkan untuk bergandengan satu sama lain satu angkatan 2014 dan berjalan menuju depan auditorium. Suasana selalu tegang ketika tiba komisi kedisiplinan baik pada hari pertama, kedua, maupun ketiga. Bahkan kali ini suasana lebih tegang karena kekecewaan komisi kedisiplinan terhadap mereka yang tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tidak kompak dalam satu angkatan. Namun, ketegangan tiba-tiba berubah menjadi sukacita ketika para panitia melempari mereka dengan plastik air sebagai ucapan selamat datang. Ternyata hal ini hanya skenario saja, hahaha…

SELAMAT DATANG TPHP 2014, KALIAN SEMUA ADALAH KELUARGA BARU KAMI!

Acara orientasi jurusan ini ditutup dengan flash mob yang dipersembahkan oleh para panitia dan juga foto-foto bersama. (Rafli)

OJ-2

Categories: 2014Biro Kaderisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *