Nafas kalo bau bete ya? πŸ™
Jadi hemat ngomong, ketawa ditahan tahan, nghindar hindar kalo lagi diajak omongπŸ˜”

Pernah ga tuh lagi puasa tapi ujian sehari 2-3 matkul *curhat* duduk 2 jam mikir keras lalu ketika keluar ruang ujian dan mulai membuka pembicaraan sadar deh tuh beuh baunyaa. Kenapa ya bau? sikat gigi rutin udah, pun nggak makan makanan yang bikin bau. Hngg kuyla~ cari tau πŸ˜‰

Pernah mendengar istilah ketosis? Ketosis tidak lain merupakan sebuah fase di mana proses katabolisme tubuh memecah lemak untuk diproses dan diperoleh energi.

Umumnya tubuh akan megubah karbohidrat hasil cerna usus halus menjadi energi yang kemudian energi ini digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Semakin banyak dan aktif aktivitasmu maka kebutuhan energimu juga semakin banyak tentunya tubuh juga akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi.

Saat puasa asupan karbohidrat kamu terbatas. Disaat-saat tertentu seperti belajar, mengerjakan soal ujian, berolahraga tubuh akan bermetabolisme lebih keras. Ketika zat-zat utama penghasil energi yang diserap tubuh telah habis, tubuh selanjutnya akan melakukan glikogenolisis. Glikogenolisis merupakan proses pemecahan molekul glikogen menjadi glukosa. Apabila kadar gula dalam darah menurun, tubuh secara aktif melakukan glikogenolisis untuk dihasilkan glukosa yang kemudian melalui proses glikolisis dan siklus krebs diperoleh energi.

Lalu bagaimana ketika kadar glikogen dalam tubuh telah mencapai batas untuk dapat dihasilkan energi? Yap! Selanjutnya tubuh akan mencari sumber energi lain yaitu dengan katabolisme lemak. Untuk dapat menghasilkan energi, asam lemak hasil pemecahan lemak akan memasuki siklus beta-oksidasi untuk dihasilkan asetil KoA. Asetil KoA hasil hasil katabolisme lemak ini sebagian akan diubah menjadi keton bodies. Salahsatu komponen keton bodies yaitu gas aseton, akan diekskresikan melalui paru-paru.

Yaas udah terjawab kan? ternyata ketika tubuh kekurangan asupan makanan lemak akan dikatabolisme, gas aseton muncul sebagai hasil samping yang kemudian kita kenal sebagai bau mulut.

Nah jadi ketika perutmu dalam keadaan kosong dan nafas mulai bau adalah sinyal dari tubuh agar kamu segera kembali mencukupi kebutuhan karbohidrat πŸ˜‰

#FaktaPangan #HMPPImenulis #PeduliNyataBerkelanjutan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.