Pada hari Sabtu, 28 April 2018 telah berlangsung Kunjungan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang diadakan oleh Departemen Kewirausahaan KMTPHP. Acara dimulai pada pukul 07.00, di mana seluruh peserta diwajibkan untuk berkumpul di Selasar FTP. Kemudian secara bersamaan, seluruh peserta berangkat menggunakan bus yang telah disediakan menuju ke destinasi pertama, yaitu UKM Slondok dan Renginang Sari Kencana. Tidak butuh waktu lama, karena lokasi yang cukup dekat dengan FTP, peserta sudah tiba di UKM tersebut. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Pak Priyanto, selaku dosen dari Departemen TPHP sekaligus pembimbing dalam UKM tersebut. Kemudian peserta dibawa berkeliling rumah industri dan mencicipi produk-produk yang dihasilkan. Sekitar 2 jam peserta diberikan kebebasan untuk bertanya dan menimba ilmu di UKM tersebut. Tepat pukul 10.00, kunjungan diselesaikan dengan pemberian plakat serta foto bersama pemilik UKM tersebut.

Destinasi selanjutnya, peserta di bawa ke sebelah timur Kota Yogyakarta, tepatnya di Maguwoharjo, Sleman. UKM kedua yang menjadi tujuan, yaitu Unit Pengolahan Ikan (UPI) “Ngudi Lestari”. Pada UKM ini, mereka mengolah ikan nila hasil ternak sendiri untuk dijadikan produk-produk beku, seperti kaki naga, sate ikan, bakso ikan, dan lain-lain. Proses pengolahan masih sangat sederhana karena beberapa proses produksi dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Hampir sama dengan kunjungan sebelumnya, pada UKM ini peserta diajak berkeliling dan saling berdiskusi mengenai industri ini. Pada pukul 12.00 kunjungan pun selesai dan diakhiri dengan foto bersama.

 

Kunjungan terakhir, peserta dibawa kembali ke bagian utara Kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman. Setelah mengisi perut dengan makan siang, Desert spesial dari UKM terakhir sudah menunggu kedatangan peserta. Sweet Sundae Ice Cream menjadi destinasi terakhir peserta kunjungan UKM KMTPHP. Di UKM ini, peserta dibimbing langsung oleh sang Owner Sweet Sundae, yaitu Pak Andromeda. Beliau jelaskan sejarah hingga s eluk beluk proses pengolahan susu hingga menjadi ice cream. Diskusi dengan peserta pun juga berlangsung sangat panjang karena ilmu-ilmu yang diberikan Pak Andro sangat menarik. Sekitar jam 17.00, kunjungan pun diakhiri dengan pembagian Ice Cream Sweet Sundae kepada peserta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.