Sekolah Pangan Jaya 2014

Sekolah Pangan Jaya merupakan salah satu program kerja dari biro HMPPI (Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia). Tahun ini, untuk memperingati Hari Bawa Bekal Nasional yang jatuh pada tanggal 12 April, biro HMPPI bekerja sama dengan departemen Profesionalisme Akademik (PA) mengadakan Sekolah Pangan Jaya Goes to Desa Binaan, yang bertempat di Desa Purwobinangun, Pakem, Sleman. Acara ini berlangsung di kediaman ketua padukuhan Dusun Mringin pada hari Minggu, 20 April 2014. Selain dihadiri oleh staf biro HMPPI dan departemen PA, perwakilan HMPPI pusat juga hadir dalam acara ini.

Acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Diawali dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Zanuba Fathy R., dilanjutkan dengan sambutan dari ketua KMTPHP yaitu Raka Ahsanul Huda, dan diakhiri dengan sambutan dari ketua padukuhan yaitu Bapak Sugiyanto. Rangkaian acara pada kegiatan ini sangat menarik, di antaranya adalah penyuluhan dari mahasiswa mengenai ‘Bekal dan Jajanan Sehat’, memasak bersama, story telling, games, dan pembagian doorprize. Acara penyuluhan dan memasak bersama ditujukan untuk para ibu dan pelajar yang diharapkan dapat memperluas pengetahuan mengenai makanan sehat dan cara mengolah makanan berbasis pangan lokal. Para ibu diajarkan memasak kroket singkong, stick ubi ungu, dan puding labu. Acara story telling dan games ditujukan untuk anak-anak yang meliputi kegiatan belajar disertai dengan permainan-permainan seru yang diharapkan dapat menambah ilmu dan menghibur anak-anak. Di penghujung acara, dibagikan doorprize oleh ketua panitia dan perwakilan HMPPI pusat kepada para pemenang.

Masalah ketahanan pangan lokal merupakan topik yang tidak pernah usai dibicarakan. Ketahanan pangan telah menjadi ‘The Big Problem’ bagi bangsa indonesia. Namun, dalam menyelesaikan masalah yang besar baiknya dimulai dari hal kecil seperti yang dilakukan oleh biro HMPPI KMTPHP UGM, yaitu dengan mengadakan Sekolah Pangan Jaya Goes to Desa Binaan. Yuk Bawa Bekal… Pangan Lokal! (Novi)

spj1 desabinaan1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *