KOMODITAS: Kelapa Sawit

[HMPPI MENULIS]

KOMODITAS: Kelapa Sawit

Oleh: Sitti Ruwaida (2015)

Siapa yang tidak kenal dengan kelapa sawit? Buah kecil dengan warna cokelat kemerahan yang biasanya lazim ditemuin di makanan seperti gorengan. Dan, produk olahan utamanya yap minyak goreng salah satunya.

Fyi, kelapa sawit merupakan salah satu dari tujuh komoditas perkebunan potensial di Indonesia dan berada di peringkat paling atas yang menjadi andalan Indonesia. Penyebaran kelapa sawit di Indonesia meliputi wilayah Sumatera, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian, produk-produk turunan kelapa sawit memberikan kontribusi ekspor 75% dari sektor non migas, sehingga menjadi salah satu penyumbang terbesar kas negara. yaitu sekitar USD 20 miliar.

Saat ini Indonesia merupakan produsen minyak sawit mentah (Crude palm oil, CPO) terbesar di dunia. Dengan luas perkebunan mencapai 9 juta hektar, dengan produksi CPO 24 juta ton per tahun.

Dengan jumlah sebanyak itu, kesempatan pekerjaan yang diberikan juga sangat besar untuk mendukung pembangunan daerah, terutama di daerah pedesaan Luar Jawa. Selain itu, mayoritas perkebunan kelapa sawit ditanam di kawasan hutan bekas, dan berkontribusi besar dalam pendapatan ekspor.

CPO yang digunakan untuk bahan baku industri pangan sebesar 80-85% dan industri non pangan sebesar 15-20%. Dengan pertumbuhan tingkat konsumsi dalam negeri adalah 5,5%/tahun.

Beberapa produk yang dihasilkan dari pengembangan minyak sawit adalah minyak goreng, produk oleokimia seperti fatty acid, fatty alkohol, glycerine, metalic soap, stearic acid, methyl ester, dan stearin dalam merangsang pertumbuhan industri deterjen, sabun, dan kosmetik sebagai macam dari industri oleokimia. Produk lain yang dihasilkan dari pemanfaatan limbahnya adalah pupuk organik, kompos dan kalium, pulp kertas, perabot dan papan, dan pakan ternak.

 

Sumber/referensi:

sindonews.com, beritasatu.com, kompas.com, kompasiana.com,  gapki.id

 

#Komoditas

#HMPPImenulis

#PeduliNyataBerkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *