Beda Istilah Beda Makna: Tepung, Gandum, dan Terigu

[HMPPI MENULIS]

°°Beda Istilah Beda Makna: Tepung, Gandum dan Terigu°°

Oleh: Shafira Ariya Bernadi (2015)

Tepung, gandum, dan terigu. Istilah-istilah ini tentunya sudah tidak asing ditelinga, apalagi bagi mereka yang gemar membuat roti. Namun masih terdapat kerancuan dalam istilah istilah tersebut. Masa sih? mana yang bener? Nah mari kita perhatikan per definisinya 😉

Menurut Hariyanto et al. (2002) Gandum (Triticium sp.) merupakan tanaman serelia dari suku padi-padian yang merupakan sumber karbohidrat.

Gandum sendiri jarang ditemukan di Indonesia karena kondisi lingkungan fisik Indonesia tidak cocok untuk untuk tanaman gandum yang merupakan tanaman subtropis.

Sedangkan terigu merupakan istilah yang merujuk untuk tepung yang berasal dari biji gandum yang dihaluskan dimana menurut Tarwotjo (1998), komponen terbanyak terigu adalah pati dengan kandungan amilosa 20-26% dan amilopektin 70-75%.

Jadi sebenarnya istilah tepung terigu kurang tepat digunakan karena terigu telah berarti tepung gandum.

Cukup menyebut “Terigu” untuk mengistilahkan tepung yang berasal dari biji gandum ya 😆

Lalu apasih yang membuat terigu menjadi bahan utama pembuatan roti? Terigu mengandung senyawa protein pembentuk gluten yang mampu membuat roti mengembang selama proses pemuatannya (Utami, 1992).

Kandungan gluten pada roti ini cukup tinggi, dimana 80% dari total protein terigu merupakan gluten. Gluten inilah yang membuat terigu menjadi bahan pokok pembuatan roti.

Namun akhir-akhir ini ditemukan fakta2 menarik dari penelitian-penelitian mengenai protein gluten yang di gadang2 merupakan penyebab penyakit degeneratif seperti kanker. Hmm benarkah? Nantikan fakta pangan selanjutnya yaa😉

 

Sumber:

Hariyanto, A.E, Y. Sugito, A. Soegianto. 2002. Respon Tanaman Gandum (Triticum aestivum L.) Galur Nias dan DWR 162 terhadap Pemberian Pupuk Kandang Ayam. Agrivita. 24(1): 30-36

Tarwotjo, C. S. 1998. Dasar-dasar Gizi Kuliner. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Utami, I. S. 1992. Pengolahan Roti. Yogyakarta: PAU Pangan dan Gizi Universitas

Gadjah Mada.

 

 

#FaktaPangan

#HMPPImenulis

#PeduliNyataBerkelanjutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *