Cake Kekinian VS Jajanan Tradisional

Indonesia adalah negara dengan banyak budaya, suku, dan kuliner khas daerah-daerahnya. Setiap daerah memiliki kuliner dan jajanan khas tersendiri yang tidak dapat dirasakan persis dengan daerah lain. Jika kita berkunjung ke daerah-daerah di Indonesia pastilah kita mencari kuliner dan jajanan khasnya terlebih dahulu. Contohnya, jika kamu berkunjung ke Jogja pasti kamu akan menyicipi gudeg sebagai makanan khas dari daerah tersebut dan jika salah satu kerabatmu berkunjung ke Jogja pasti kamu akan meminta bakpia sebagai oleh-olehnya. read more

Asupan Pangan per Orang

Asupan Pangan per Orang
direview dan digubah dari artikel Max Roser and Hannah Ritchie

Data yang paling banyak digunakan dan komprehensif tentang suplai dan konsumsi pangan diterbitkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). Data ini tersedia setiap tahun dan diperbarui oleh FAO, dari tahun 1961 hingga 2013. Secara keseluruhan,

Consideration When Choosing Specialty Coffee

Ditulis oleh: Kevin (TPHP UGM 2014)

Salam sruput untuk pembaca,
Yup~ 1 Oktober adalah hari kopi internasional. So, selamat hari kopi untuk seluruh penikmat kopi di penjuru dunia!

Hmm inginnya sih merayakan hari kopi sedunia dengan origin trip ke kebun kopi pegunungan Latimojong yang terkenal kopinya dapat tumbuh pada ketinggian 1600 mdpl atau ke Gunung Puntang untuk melihat kebun kopi dengan cupping score 86.25 pada kontes expo kopi SCAA 2016. yaa untuk tahun ini belum tercapai sih tapi tak apa pun ane tetap bisa membayangkan dan bercerita. read more

What a smell!

Nafas kalo bau bete ya? 🙁
Jadi hemat ngomong, ketawa ditahan tahan, nghindar hindar kalo lagi diajak omong😔

Pernah ga tuh lagi puasa tapi ujian sehari 2-3 matkul *curhat* duduk 2 jam mikir keras lalu ketika keluar ruang ujian dan mulai membuka pembicaraan sadar deh tuh beuh baunyaa. Kenapa ya bau? sikat gigi rutin udah, pun nggak makan makanan yang bikin bau. Hngg kuyla~ cari tau 😉

MIE INSTAN+COKELAT=MAUT (?)


MIE INSTAN+COKELAT=MAUT (?)

Oleh : Rizqi Amalia Hutami

Apa yang terlintas di benak kamu ketika membaca judul tersebut? bertanya-tanya benarkah adanya, atau ingin mengkritisi? Menarik ya~ judul tersebut saya kutip dari sebuah akun berbanyak adders.

Bagaimana makanan yang kita konsumsi dapat seketika menyebabkan kematian? Tentu perlu diketahui dulu bahwa semua produk makanan dan minuman yang lolos uji kelayakan mutu lembaga pemerintah seperti BPOM tentu sudah melalui serentetan proses verifikasi hingga makanan atau minuman tersebut dikatakan foodgrade, edible dan aman dikonsumsi. read more

Cocokologi: Ubi dan Kentut

[HMPPI MENULIS]

Cocokologi: Ubi dan Kentut

Oleh : Ariska Avivah

Hai kamuuu
Apa kamu termasuk mereka yang kerap mengeluhkan sering kentut setelah makan ubi?
Pernahkah kamu menduga-duga hubungan sebab akibat diantara keduanya? hmm kentut dan ubi. Kuy cari tahu kedekatan keduanya 😉

Apasih kentut?
menurut KBBI kentut adalah gas sisa pencernaan berbau busuk yang dikeluarkan lewat anus. Kandungan gas pada kentut didominasi oleh nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Gas ini merupakan hasil samping dari metabolisme mikrobia2 pembusuk pada kolon. Bau menyengat pada kentut berasal dari senyawa sulfur pada gugus indol atau hidrosulfida (S-H). read more

“Ada gula ada semut”

[HMPPI KOMODITAS]

“Ada gula ada semut”

Oleh: Fajar Hidayat

kok? Karena gula itu manis, kaya kamu~

Yap! komoditas kali ini akan membahas tentang Gula :))

Gula. Jika orang-orang diberikan waktu 2 detik untuk menyebut sebuah kata yang terlintas ketika mendengar kata gula maka 99% dari mereka termasuk kamu mungkin akan menjawab “manis” setuju? wkwk

Gula pasir sangat lazim digunakan sebagai pengkaya rasa pada makanan atau minuman. Karbohidrat berantai pendek ini mampu memberikan sensasi manis ketika bersentuhan dengan lidah. read more

Beda Istilah Beda Makna: Tepung, Gandum, dan Terigu

[HMPPI MENULIS]

°°Beda Istilah Beda Makna: Tepung, Gandum dan Terigu°°

Oleh: Shafira Ariya Bernadi (2015)

Tepung, gandum, dan terigu. Istilah-istilah ini tentunya sudah tidak asing ditelinga, apalagi bagi mereka yang gemar membuat roti. Namun masih terdapat kerancuan dalam istilah istilah tersebut. Masa sih? mana yang bener? Nah mari kita perhatikan per definisinya ?

Menurut Hariyanto et al. (2002) Gandum (Triticium sp.) merupakan tanaman serelia dari suku padi-padian yang merupakan sumber karbohidrat.

Gandum sendiri jarang ditemukan di Indonesia karena kondisi lingkungan fisik Indonesia tidak cocok untuk untuk tanaman gandum yang merupakan tanaman subtropis. read more

Micin, dibalik kelezatan tiap masakan

[HMPPI MENULIS]

°°Micin, dibalik kelezatan tiap masakan°°

oleh : Rizqi Amalia Hutami

“Bang beli bakso bang tapi ga pake micin”

Sering ga tuh kurang-kurangin micin dengan alasan kesehatan? Kenapa dikurang-kurangin padahal enak bikin nambah selera makan ya gaa

Nah nah sebenernya sejauh mana si micin berbahaya bagi tubuh? Berapa dosis maksimum yang diperbolehkan bagi kesehatan? mari sejenak gibahin si micin a.ka vetsin a.ka MSG :3

MSG atau monosodium glutamat merupakan garam yang molekul penyusunnya berupa sodium/natrium (Na) dan glutamat. read more