Asupan Pangan per Orang
direview dan digubah dari artikel Max Roser and Hannah Ritchie

Data yang paling banyak digunakan dan komprehensif tentang suplai dan konsumsi pangan diterbitkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO). Data ini tersedia setiap tahun dan diperbarui oleh FAO, dari tahun 1961 hingga 2013. Secara keseluruhan, pasokan kalori per kapita telah meningkat secara konsisten pada tingkat global sejak periode tersebut. Namun, tren ini bervariasi di seluruh kawasan dunia. Suplai kalori di Eropa dan Oceania hampir konstan selama periode 50 tahun ini, sementara wilayah lain pasokan meningkat. Peningkatan ini paling signifikan di Asia dan Afrika, sementara di Amerika Utara pasokan telah mencapai titik terendah sejak tahun 2000 dan seterusnya. Kemunculan yang lebih curam di wilayah-wilayah yang lebih miskin di dunia berarti bahwa selama beberapa dekade terakhir, tren global dalam pasokan kalori telah menyatu. Dalam hal pasokan makanan, kita hidup di dunia yang lebih setara saat ini daripada di abad sebelumnya.

Pada tahun 2013, sebagian besar negara di Eropa, Oseania, dan Amerika Utara memiliki persediaan per kapita lebih dari 3100 kkal/orang/hari. Negara-negara di Asia Selatan, Afrika Sub-Sahara dan Amerika Selatan cenderung jatuh dalam kisaran 2300-3000 kcal/orang/hari. Namun, kemajuan selama 50 tahun terakhir dapat dilihat dengan jelas dengan memutar kembali ke 1961; persediaan lebih mungkin untuk jatuh dalam kisaran di bawah 2300 kkal/orang/hari di seluruh wilayah yang lebih miskin di dunia.

Pengukuran energi per kalori biasanya merupakan ukuran suplai makanan yang paling standar dari waktu ke waktu, namun, makronutrien lainnya juga penting. Protein membentuk blok bangunan jaringan manusia, dan asupan protein sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan. Secara keseluruhan, pasokan protein per kapita global telah meningkat sekitar sepertiga selama periode ini, naik dari 61 gram pada tahun 1961 menjadi 81 gram pada tahun 2014. Sebagian besar peningkatan ini berasal dari pertumbuhan di Afrika, Asia dan Amerika Selatan di mana per kapita persediaan protein meningkat. Selama beberapa dekade terakhir, pasokan protein di Eropa, Oseania, dan Amerika Utara kurang lebih stabil.

Bukan hanya jumlah pasokan protein yang telah berubah, tetapi juga komposisi dari berbagai sumber protein. Komposisi diet dari waktu ke waktu, asupan makanan hewani dan nabati telah berubah. Suplai protein dapat berasal dari sumber hewan dan tumbuhan, namun kualitas protein ini tidak selalu sama. Biasanya, protein hewani didefinisikan sebagai ‘protein lengkap’, yang berarti mereka mengandung semua blok bangunan asam amino yang kita butuhkan untuk nutrisi yang tepat. Protein yang ditemukan pada tanaman seringkali memiliki kualitas yang lebih buruk, dan kurang dalam beberapa asam amino esensial. Saat ini kita mendapat asupan protein dari produk daging, susu, dan makanan laut dibanding 50 tahun lalu.

Lemak adalah salah satu dari tiga kunci makronutrien dalam diet manusia, bersama dengan karbohidrat dan protein. Lemak adalah sumber asam lemak esensial, yang penting untuk kebutuhan diet dalam beberapa cara, termasuk penyerapan vitamin penting, mempromosikan fungsi sel yang sehat dan dalam menyediakan penyangga terhadap sejumlah penyakit.

Secara keseluruhan, pasokan global per kapita lemak telah meningkat lebih dari 70 persen sejak 1961, naik dari 48 gram pada tahun 1961 menjadi 83 gram pada tahun 2014. Tidak seperti kalori dan protein, pasokan lemak telah meningkat di semua wilayah selama periode ini, meskipun peningkatan ini telah melambat di Amerika Utara, Eropa, dan Oceania selama dekade terakhir. Dari tiga makronutrien, perbedaan pasokan regional adalah yang terbesar untuk lemak. Pada tahun 2014, rata-rata persediaan per kapita di Amerika Utara hampir tiga kali lebih besar daripada di Afrika.

Pada 2013, sebagian besar negara di Eropa, Oseania, dan Amerika Utara memiliki persediaan per kapita lebih dari 140 gram/orang/hari. Negara-negara di Asia Selatan, Afrika Sub-Sahara cenderung jatuh dalam kisaran 20-80 gram, dan antara 80-100 gram di Amerika Selatan. Namun, peningkatan selama 50 tahun terakhir dapat dilihat dengan jelas dengan memutar kembali ke 1961; mayoritas negara di Amerika Selatan, Afrika Sub-Sahara dan Asia mengonsumsi kurang dari 40 gram per hari.

Ada korelasi kuat antara persediaan makanan per kapita dan kemakmuran. Ini berarti daerah berpenghasilan tinggi cenderung memiliki tingkat pasokan makanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah yang lebih miskin, tetapi juga sebagai indikator kemakmuran suatu negara tumbuh dari waktu ke waktu. Seperti yang kita lihat dalam tiga sub-bagian di bawah ini, pasokan harian per kapita kalori, protein dan lemak semua cenderung meningkat dengan pertumbuhan ekonomi.

Semakin kaya, persediaan per kapita cenderung meningkat. Persediaan makanan per kapita cenderung meningkat dengan pertumbuhan ekonomi, namun kenaikan ini mulai melambat pada tingkat pendapatan yang lebih tinggi. Konsekuensi dari peningkatan persediaan makanan per kapita yang mungkin tampak intuitif adalah hubungannya dengan prevalensi kekurangan gizi. Kekurangan gizi, didefinisikan sebagai asupan kalori tidak cukup untuk memenuhi persyaratan energi minimum untuk berat badan dan gizi yang memadai.

Sumber: https://ourworldindata.org/food-per-person


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.