Sudah bukan hal yang asing lagi mengenai keberagaman makanan lebaran di Indonesia yang sangat banyak. Tingkat keberagaman ini muncul karena adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang tinggi. Bahkan setiap keluarga memiliki caranya tersendiri untuk mengolah makanan di hari raya umat Islam ini. Indonesia negara dengan tingkat toleransi yang tinggi membuat hampir semua penduduk Indonesia merayakan semarak hari raya ini.

Banyak yang bilang, saat-saat hari raya lebaran merupakan hari pembalasan dendam bisa makan banyak, hal ini didukung dengan tersedianya beragam jenis masakan ala lebaran. Kondisi seperti ini lah yang menyebabkan badan menjadi lebar-an beneran. Jadi,nggak boleh nih menikmati opor dan rendang di hari raya? Boleeeh kok, boleh banget. Dari segi gizi, itu melengkapi gizi dalam tubuh. Tapi, harus memperhatikan jumlah asupan gizinya, supaya terwujudnya keseimbangan didalam tubuh.

Pada saat lebaran tidak jarang kita dapat menemukan makanan yang mempunyai jumah kalori yang tingi dan dikonsumsi melebihi batas dari biasanya. Seperti pada makanan opor ayam setiap 100 gram mengandung 415 kkal, rendang 195 kkal, roti isi (komersial dan kering) mempunyai rata-rata kalori sebesar 178 kkal, dll. Nilai-nilai tersebut masih dalam keadaan tanpa nasi, sehingga apabila ditambah nasi kalori yang dikonsumsi akan semakin banyak. Jumlah kalori dapat terhitung dari konversi nilai gizi dari karbohidrat, lemak, dan protein. Menurut Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2013, tubuh manusia khususnya masyarakat Indonesia  rata-rata membutuhkan  2150 kkal setiap harinya. Nilai kecukupan ini berbeda-beda untuk setiap orang.

Nilai kalori dikaitkan dengan aktivitas fisik, kelebihan energi karena kekurangan aktivitas fisik dapat meningkatkan resiko kegemukan dan obesitas  (FAO/WHO/UNU, 2001). Sebenarnya keadaan ini dapat diatasi dengan olahraga yang cukup. Sehingga dapat menekan penimbunan di dalam tubuh dan tubuh menjadi tidak lebar-an.

 

Sumber:

FAO/WHO/UNU. 2001. Human Energy Requirement. FAO/WHO/UNU, Rome

https://fatsecret.co.id/kalori-gizi/

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Bagi Bangsa Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.