2017

Murah Bukan Berarti Tak Bernilai Bambah

Hei kamu yang dikata anak singkong! berbanggalah karena komoditi yang amat lekat dengan masyarakat pribumi ini tengah naik daun dipasar global ;) Suharyo selaku ketua umum MSI (Masyarakat Singkong Indonesia) mengungkapkan rata-rata harga singkong internasional mencapai US$ 280 per ton tahun ini, naik 55% dibandingkan tahun lalu US$ 180 per ton. Saat ini, harga singkong ditingkat petani di kisaran Rp 1.600 per kilogram (kg), naik 33% dibandingkan rata-rata tahun lalu Rp 1.200 per kg. Di pasar internasional, harga rata-rata singkong juga menunjukkan peningkatan.

By kmtphp.tp, ago
2017

Consideration When Choosing Specialty Coffee

Ditulis oleh: Kevin (TPHP UGM 2014)

Salam sruput untuk pembaca, Yup~ 1 Oktober adalah hari kopi internasional. So, selamat hari kopi untuk seluruh penikmat kopi di penjuru dunia! Hmm inginnya sih merayakan hari kopi sedunia dengan origin trip ke kebun kopi pegunungan Latimojong yang terkenal kopinya dapat tumbuh pada ketinggian 1600 mdpl atau ke Gunung Puntang untuk melihat kebun kopi dengan cupping score 86.25 pada kontes expo kopi SCAA 2016. yaa untuk tahun ini belum tercapai sih tapi tak apa pun ane tetap bisa membayangkan dan bercerita.

By kmtphp.tp, ago
2017

KOMODITAS: Manggis

Masyarakat Indonesia tentu mengenal buah tropis yang satu ini, atau pernah melihat iklan ekstrak kulitnya yang sempat fenomenal di Indonesia karena backsound iklannya yang easy-listening. Bentuknya bulat, kulitnya berwarna merah, dengan daging buah berwarna putih halus yang rasanya manis-kecut segar. Dijuluki sebagai ratu buah (Queen of Fruits), ternyata buah ini juga banyak manfaatnya untuk kesehatan selain rasanya yang segar serta bentuk dan warna buahnya yang cantik.

By kmtphp.tp, ago
2017

What a smell!

Nafas kalo bau bete ya? :( Jadi hemat ngomong, ketawa ditahan tahan, nghindar hindar kalo lagi diajak omong😔 Pernah ga tuh lagi puasa tapi ujian sehari 2-3 matkul *curhat* duduk 2 jam mikir keras lalu ketika keluar ruang ujian dan mulai membuka pembicaraan sadar deh tuh beuh baunyaa. Kenapa ya bau? sikat gigi rutin udah, pun nggak makan makanan yang bikin bau. Hngg kuyla~ cari tau ;)

By kmtphp.tp, ago
2017

Cocokologi: Ubi dan Kentut

[HMPPI MENULIS]

Cocokologi: Ubi dan Kentut

Oleh : Ariska Avivah

Hai kamuuu
Apa kamu termasuk mereka yang kerap mengeluhkan sering kentut setelah makan ubi?
Pernahkah kamu menduga-duga hubungan sebab akibat diantara keduanya? hmm kentut dan ubi. Kuy cari tahu kedekatan keduanya 😉

Apasih kentut?
menurut KBBI kentut adalah gas sisa pencernaan berbau busuk yang dikeluarkan lewat anus. Kandungan gas pada kentut didominasi oleh nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Gas ini merupakan hasil samping dari metabolisme mikrobia2 pembusuk pada kolon. Bau menyengat pada kentut berasal dari senyawa sulfur pada gugus indol atau hidrosulfida (S-H). read more

By kmtphp.tp, ago
2017

“Ada gula ada semut”

[HMPPI KOMODITAS]

“Ada gula ada semut”

Oleh: Fajar Hidayat

kok? Karena gula itu manis, kaya kamu~

Yap! komoditas kali ini akan membahas tentang Gula :))

Gula. Jika orang-orang diberikan waktu 2 detik untuk menyebut sebuah kata yang terlintas ketika mendengar kata gula maka 99% dari mereka termasuk kamu mungkin akan menjawab “manis” setuju? wkwk

Gula pasir sangat lazim digunakan sebagai pengkaya rasa pada makanan atau minuman. Karbohidrat berantai pendek ini mampu memberikan sensasi manis ketika bersentuhan dengan lidah. read more

By kmtphp.tp, ago
2017

Beda Istilah Beda Makna: Tepung, Gandum, dan Terigu

[HMPPI MENULIS]

°°Beda Istilah Beda Makna: Tepung, Gandum dan Terigu°°

Oleh: Shafira Ariya Bernadi (2015)

Tepung, gandum, dan terigu. Istilah-istilah ini tentunya sudah tidak asing ditelinga, apalagi bagi mereka yang gemar membuat roti. Namun masih terdapat kerancuan dalam istilah istilah tersebut. Masa sih? mana yang bener? Nah mari kita perhatikan per definisinya ?

Menurut Hariyanto et al. (2002) Gandum (Triticium sp.) merupakan tanaman serelia dari suku padi-padian yang merupakan sumber karbohidrat.

Gandum sendiri jarang ditemukan di Indonesia karena kondisi lingkungan fisik Indonesia tidak cocok untuk untuk tanaman gandum yang merupakan tanaman subtropis. read more

By kmtphp.tp, ago
2017

KOMODITAS: Kentang

Indonesia, negeri agraris beriklim tropis yang kaya komoditas hortikultura, si lembut yang akrab dikonsumsi semua kalangan ini salah satunya, ya. Kentang.

Pada mulanya kentang tumbuh dengan baik hanya di suhu dingin, pada siang hari kentang memerlukan suhu pertumbuhan berkisar 17-23,7 derajat celcius sedangkan pada malam hari 6,1-12,2 derajat celcius (Bamberg, 1996).

Namun, seiring berkembangnya zaman pemanasan global yang semakin meningkat menjadikan produksi dunia kentang ikut menurun. Hal ini mendorong dilakukannya penelitian-penelitian untuk menekan dampak pemanasan global melalui rekayasa2 genetika agar kentang mampu bertahan di suhu yang lebih tinggi. Seperti halnya Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) yang gencar mengembangkan varietas kentang yang mampu beradaptasi sesuai iklim di Indonesia dengan dataran medium (400 – 700 m dpl) read more

By kmtphp.tp, ago
2017

Micin, dibalik kelezatan tiap masakan

[HMPPI MENULIS]

°°Micin, dibalik kelezatan tiap masakan°°

oleh : Rizqi Amalia Hutami

“Bang beli bakso bang tapi ga pake micin”

Sering ga tuh kurang-kurangin micin dengan alasan kesehatan? Kenapa dikurang-kurangin padahal enak bikin nambah selera makan ya gaa

Nah nah sebenernya sejauh mana si micin berbahaya bagi tubuh? Berapa dosis maksimum yang diperbolehkan bagi kesehatan? mari sejenak gibahin si micin a.ka vetsin a.ka MSG :3

MSG atau monosodium glutamat merupakan garam yang molekul penyusunnya berupa sodium/natrium (Na) dan glutamat. read more

By kmtphp.tp, ago
2017

KOMODITAS: Beras Merah

[HMPPI MENULIS]

KOMODITAS: Beras Merah

Oleh: Alexander Julio (2015)

Belum makan kalo belum makan nasi . Begitu kira-kira mindset orang kita. Nasi seolah sudah menjadi sumber karbohidrat wajib bagi orang2 Indonesia.

Oke bagaimana dengan nasi merah? Nasi juga kan? mari kita telisik lebih jauh komoditas si kecil yang punya sejuta manfaat ini

Sudah sangat lazim kita ketahui beras merah dikenal karena memiliki indeks glikemik yang rendah serta pigmen merah yang mengandung senyawa antioksidan yang dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga beras merah sering dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita diabetes. read more

By kmtphp.tp, ago