Magang Industri Bareng PA atau biasa disingkat “Main Bareng PA” merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Profesionalisme dan Akademik KMTPHP UGM untuk memberikan informasi seputar magang industri dalam bentuk webinar dan dalam pelaksanaannya juga akan dibagikan booklet magang industri. Tahun ini, webinar diadakan dalam bentuk sharing session dengan tiga pembicara dari angkatan 2019 yang telah menjalani magang industri di tiga tempat yang berbeda. Proker ini telah dilaksanakan selama beberapa tahun belakang. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, Main Bareng PA kali ini juga dibagikan Booklet Magang Industri. Booklet ini berisikan kumpulan informasi seputar perusahaan atau industri tempat magang dan pengalaman magang industri yang telah dijalani oleh mahasiswa yang telah melakukan magang industri.

Magang industri merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa S1 Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian sebagai salah satu syarat kelulusan. Mahasiswa dilatih untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan magang industri seperti pemilihan tempat magang, persiapan berkas magang, hingga terkait ke mekanisme pendaftaran yang semuanya dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa. Selama menjalani magang industri, mahasiswa juga dilatih untuk mengasah ilmu dan keterampilan yang diperoleh di bangku kuliah. Hal ini berguna untuk menghadapi dunia kerja kelak. Dalam praktiknya, sering kali dijumpai pertanyaan terkait hal-hal teknis magang industri maupun hal-hal nonteknis yang ingin diketahui oleh mahasiswa. Oleh karena itu, Magang Industri Bareng PA diadakan dengan tujuan untuk menyediakan informasi seputar magang industri bagi mahasiswa yang akan menjalani magang dan memberikan wadah bagi pertanyaan-pertanyaaan mahasiswa sehingga dalam pelaksanaan magang mahasiswa tidak lagi kebingungan. Selain itu, penyediaan booklet juga akan mempermudah mahasiswa dalam mencari referensi terkait perusahan atau industri yang menerima mahasiswa magang terlebih selama masa pandemi ini.

Magang Industri Bareng PA telah diadakan pada hari Sabtu, 23 April 2022 pukul 10.00-12.10 WIB melalui platform Zoom Meeting. Sebanyak tiga pembicara dihadirkan untuk sharing terkait pengalamannya masing-masing selama magang di perusahaan PT Saraswanti Indo Genetech, PT So Good RTE, dan PT Foodex Inti Ingredients. Total terdapat 55 partisipan yang mayoritas merupakan angkatan 2020 mengikuti webinar Main Bareng PA. 

Dengan demikian, Main Bareng PA merupakan salah satu program kerja dari Departemen Profesionalisme dan Akademik KMTPHP UGM yang diadakan untuk memberikan informasi seputar magang industri kepada mahasiswa dalam bentuk webinar dan pembagian booklet. Program kerja ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi mahasiswa yang akan menjalani magang industri.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.