Pandemi Covid-19 mengakibatkan seluruh masyarakat harus berdiam diri di rumah masing-masing dan tidak dapat bepergian dengan bebas ke luar rumah, kota, bahkan negara. Hal ini tidak hanya terjadi pada masyarakat umum, tetapi juga pada mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP). Di masa pandemi ini, pasti tidak sedikit dari kita yang tidak lagi menjaga pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga. Oleh karena itu, Departemen Bakat dan Minat (Bakmi) KMTPHP mengadakan kegiatan 5 Days Fit Challenge dengan tema ”Healthy Body, Healthy Mind” untuk mengajak dan masyarakat, khususnya mahasiswa TPHP untuk menerapkan pola makan yang sehat dan berolahraga secara rutin. Selain itu, 5 Days Fit Challenge juga bertujuan sebagai sarana refreshing bagi mahasiswa ataupun masyarakat lainnya di tengah padatnya kegiatan mereka. Harapan setelah mengikuti kegiatan ini adalah peserta dapat terus menerapkan pola hidup yang sehat yang akan berdampak ke pikiran yang lebih sehat pula.

5 Days Fit Challenge merupakan rangkaian kegiatan yang berbentuk challenge atau kompetisi dalam hal mewujudkan pola hidup sehat, yang diadakan dalam 5 hari berturut-turut. Peserta dapat memilih kategori yang ada, yaitu kategori healthy food challenge atau workout challenge serta dalam bentuk foto atau video. Sebelum memulai challenge tersebut, peserta diminta untuk mencatat keadaan fisik dan mentalnya untuk kemudian dibandingkan dengan keadaan di akhir challenge nantinya. Setiap harinya peserta akan mengunggah foto atau video sesuai dengan kategori yang dipilih ke Instagram story masing-masing dan Google drive yang telah disediakan oleh panitia. Namun, terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh peserta setiap harinya, yang harus ada pada konten yang diunggah. Setelah 5 hari, peserta akan diminta untuk mencatat kembali keadaan fisik dan mentalnya, yang kemudian dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum mengikuti challenge. Lalu, akan dipilih pemenang challenge dari masing-masing kategori. Berikut cuplikan dari dua challenge peserta nih.

Apa sih kata peserta mengenai 5 Days Fit Challenge ini?

  • Challenge-nya ringan dan tidak memberatkan. Lalu, saya sangat suka sekali karena challenge ini bermacam-macam setiap harinya, tidak monoton dan selalu berganti-ganti. Selain itu, saya merasa challenge seperti ini belum sering saya temui sehingga ini kali pertama saya mengikuti campaign seperti ini. Selain itu, panitia yang ada di grup juga selalu mengingatkan untuk tidak lupa mengunggah challenge-nya setiap hari. Intinya, 5 Days Fit Challenge seruu!!! Pada challenge ini, sesi-sesi foto sebelum makan dan mendekorasi foto sebelum diunggah itu menjadi sesi tersendiri bagi saya untuk refreshing melepas penat dari beban akademik dan non-akademik. Saya menyempatkan untuk mengorek-orek sedikit hasil foto makanan sebelum diunggah. Saya menemukan hal itu menjadi hal yang me-refresh kembali otak setelah menjalani hari yang penat. Selain itu, saya jadi memikirkan setiap hari, saat bangun tidur, hari ini makan apa aja ya? karena sesi 5 Days Fit Challenge ini sangat saya nantikan setiap harinya. Selain pikiran lebih fresh, saya juga merasa lebih sehat karena memikirkan kandungan apa saja yang ada di makanan saya hari ini, sudah cukupkah? atau belum? Kesimpulannya, pikiran menjadi lebih fresh, tubuh menjadi lebih fit, dan saya jadi tidak pernah melewatkan makan sesibuk apa pun itu. (Evany Silma Hery Elvareta)
  • Challenge ini sangat menarik karena saya tidak pernah melihat atau mengikuti challenge seperti ini. Challenge yang tidak hanya memberi tantangan, tapi juga memberi dampak yang baik bagi banyak orang. Dan juga ada hadiahnya, tapi ada hadiah yang lebih berharga, yaitu kita menjadi lebih sehat dan bugar. Setelah saya mengikuti 5 Days Fit Challenge keadaan tubuh saya jadi lebih baik. Namun, yang lebih penting adalah banyak followers atau teman-teman saya yang termotivasi oleh video saya untuk lebih sering olahraga. Banyak juga yang mengajak jogging, bersepeda, dll. Banyak juga yang meminta tips untuk merubah pola hidup, dan saya juga menjawabnya dengan senang hati. (Julian Jordan)
  • Karena saya juga suka fotografi, menurut saya memfoto makanan dalam lima hari berturut-turut dengan tema yang berbeda-beda dan mengajak orang lain untuk hidup sehat dengan foto yang kita upload itu seru dan menyenangkan. Hal yang menarik dari challenge ini yang pertama, dari menu makanan setelah ikut 5 Dys Fit Challenge jadi bervariasi tidak lagi hanya makanan fast food dan frozen food tapi juga makanan yang sehat seperti daging, sayur, dan buah-buahan. Kedua, gara-gara ikut 5 Days Fit Challenge berasa ada yang ngingetin buat makan jadi gk lupa makan lagi. Ketiga, setelah mengikuti kegiatan ini jadi lebih fresh dan enteng, bisa berpikir tenang tapi tugas tetap selesai. (Nabilal Rosyid Ridho Hidayat)
  • Rasanya badan jadi agak segeran!!! Terus juga aku ngerasa ternyata kalo diniatin tuh sebetulnya aku bisa masak. Seneng banget ikutan 5 Days Fit Challenge kategori healthy food challenge bikin ada kemampuanku yang ke-unlocked Habis ini aku mau masak-masak kalo lagi ada waktu buat ngembangin skill yang baru ditemuin ini!!! (Alya Mafaza)

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.