Swasembada pangan yang dituangkan dalam program pembangunan pertanian Indonesia sejak awal kemerdekaan, selalu memperoleh prioritas tinggi. Walaupun pada awal kemerdekaan lahan pertanian subur dan ketersediaan air melimpah, namun kecukupan pangan dari produksi dalam negeri hampir belum pernah tercapai secara meyakinkan. Swasembada beras pada tahun 1984 hanya bersifat temporer, tidak berswasembada lagi pada tahun-tahun berikutnya. Demikian juga swasembada beras tahun 2008. Program surplus beras 10 juta ton tahun 2014 yang telah dicanangkan sejak tahun 2010 ternyata tidak dapat tercapai dan bahkan Indonesia masih tetap mengimpor beras.

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 Tahun 2017 ini, Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (KMFTP UGM) bersama Food For Nation mengadakan rangkaian kegiatan yang dibuka dengan FOODBIKE 2017 yang dilaksanakan minggu, 15 Oktober 2017. Acara ini merupakan bentuk aksi damai dalam rangka mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi pangan lokal.

Kegiatan Foodbike ini mengambil titik mulai di Fakultas teknologi pertanian, UGM dan secara berbarengan menuju lokasi titik akihr di KM 0, Jalan Malioboro, Yogyakarta. Selama perjalanan, peserta Foodbike 2017 mengkampanyekan pangan lokal dengan mengenakan atribut aksi berupa kaos, poster-poster propaganda yang menunjukkan kondisi pangan dan pertanian di Indonesia, serta membagikan pangan lokal yang dikemas dalam bentuk cookies.

 

 

 

Kegiatan ini diharapkan menjadi momentum untuk mengingatkan kembali pada masyarakat Indonesia akan pentingnya mengkonsumsi pangan lokal juga diharapkan dapat memperluas mindset masyarakat Indonesia bahwa pangan lokal dapat dimodifikasi menjadi bentuk pangan modern seperti cookies.

 

Kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat secara berkelanjutan, menjadikan bulan Oktober menjadi Bulan Pangan merupakan upaya dalam mengisi semangat dalam mewujudkan Indonesia berdaulat pangan.

http://krjogja.com/web/news/read/46706/Mahasiswa_FTP_UGM_Kampanyekan_Pangan_Lokal

#HPS2017 #HariPanganSedunia #WorldFoodDay #PanganLokalBerdaulat #16oktHPS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.