Halo sobat pangan! 

Siapanih yang udah punya plan buat lanjut studi S2?

Nah.. Pas banget, kilas balik sejenak yuk ke talk show yang keren abis, tak lain tak bukan “Nanti Kita Cerita tentang S2”. Ada apa aja sih di dalamnya?

 

Pada tanggal 11 dan 12 September 2021 bertepatan pada hari Sabtu dan Minggu telah terlaksana kegiatan talk show alumni yang diselenggarakan oleh KMTPHP. Hal yang menarik dari talk show ini tidak hanya menghadirkan narasumber alumni yang sedang menempuh studi S-2 di dalam negeri saja, tapi juga hingga mancanegara yakni Negeri Sakura dan belahan Eropa. Keren banget bukan?

Enam narasumber yang hadir merupakan alumni S-1 TPHP UGM yang saat ini sedang menempuh pendidikan S-2. Talkshow pada hari pertama dimoderatori oleh  Bapak Dr.nat.techn. FMC Sigit Setyabudi, S.T.P., M.P. dan  Kak Jasmine Thania, serta sharing oleh Mas Alfonsus Adi (2016) Food Safety Programe (Kagawa University), Mba Amelia Christina Atmowidjojo (2016) Agricultural Science (Kyoto University), Mba Vina Hasna (2016) Ilmu Gizi (Universitas Indonesia). Pada hari kedua dimoderatori oleh Bapak Andika Wicaksono Putro, S.T.P., M.Sc. dan Kak Dyah Sekar dengan narasumber yang menyampaikan diantaranya Mba Rohmah Nur Fathimah (2016) Quality in Analytical Chemistry (University of Barcelona), Mas Sulkhan Windrayahya (2015) InterUniversity Programe in Food Technology, dan Mba Devi Marhendraswari (2015) Erasmus Programme-European Master in Biological and Chemical Engineering for a Sustainable Bioeconomy (BIOCEB).

Motivasi dan passion menjadi hal yang mendasari langkah para narasumber alumni untuk menempuh S-2. Seperti halnya pada Mba Amel dan Mba Vina yang memiliki tekad dalam memperdalam ilmunya terlebih untuk pendidikan dan menjadi seorang researcher. Sedikit berbeda dengan Mas Alfon yang memiliki passion untuk lebih mempersiapkan diri memasuki industri global. Perjalanan S-2 para narasumber tidak terlepas jauh dengan motivasi yang didapat selama berkuliah S-1, seperti exchange. Nah ini nih, sesuai fakta bahwa departemen TPHP membuka kesempatan lebar kepada mahasiswanya untuk dapat merasakan terjun langsung dalam  international experience

Pada talk show hari kedua, Mas Sulkhan memberikan beberapa tips and triks pendaftaran nih sobat.. mulai dari persiapan bahasa, persiapan dokumen, pendaftaran, hingga pengumuman. Kesempatan beasiswa menuju studi S-2 juga terbuka sangat lebar, mulai dari beasiswa dalam negeri hingga luar negeri. Mba Imah menyebutkan bahwa beasiswa eropa biasanya dibuka pada bulan Oktober. Persiapan yang matang diperlukan dalam meraih beasiswa S-2, seperti persiapan nilai ipk sewaktu kuliah S-1 dan tekad dalam pemilihan program S-2 seperti halnya yang dilakukan oleh Mba Devi. 

Menarik bangetkan talk show “Nanti Kita Cerita tentang S2”??

Pasti jadi makin tertarik lanjut studi S-2 hehe. 

Sekian dulu nih rangkaian talk show bersama alumi yang saat ini sedang menempuh pendidikan S-2. Semoga talk show di bulan September ini dapat bermanfaat dan memberi gambaran lebih jauh mengenai studi S-2 untuk teman-teman!

Stay safe and stay healthy, Sobat Pangan! 

Salam hangat, KMTPHP Kabinet Abyakta Wiguna 2021.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.