[HMPPI MENULIS]

KOMODITAS: Beras Merah

Oleh: Alexander Julio (2015)

Belum makan kalo belum makan nasi . Begitu kira-kira mindset orang kita. Nasi seolah sudah menjadi sumber karbohidrat wajib bagi orang2 Indonesia.

Oke bagaimana dengan nasi merah? Nasi juga kan? mari kita telisik lebih jauh komoditas si kecil yang punya sejuta manfaat ini

Sudah sangat lazim kita ketahui beras merah dikenal karena memiliki indeks glikemik yang rendah serta pigmen merah yang mengandung senyawa antioksidan yang dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga beras merah sering dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Warna khas merah beras menjadi daya tarik tersendiri diantara pesaing-pesaingnya oleh karena itu beras merah umumnya dipasarkan dalam bentuk beras pecah kulit atau beras sosoh sebagian untuk mempertahankan pigmen merahnya yang berada dalam lapisan kulit (bekatul).

Walaupun kini tingkat konsumsi beras merah di Indonesia makin tinggi seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, namun produksi beras merah dipasaran masih terbilang rendah. Beberapa sebab seperti kebiasaan makan nasi putih, harga yang relatif lebih tinggi, tekstur dan rasa yang kurang disukai menjadikan produksi dan konsumsi beras merah di Indonesia tergolong rendah.

Bali merupakan daerah di Indonesia yang memiliki tingkat produksi dan konsumsi beras merah cukup tinggi di Indonesia dengan dserah lain yaitu Bandung, Banyuwangi, dan Kalimantan Selatan yang kini makin giat memproduksi beras merah. Menurut Market Brief Januari 2015, potensi ekspor beras merah organik Indonesia ke negeri Matahari , sangat menjanjikan. Hal ini karena beras merah memiliki keunggulan lebih dibanding beras yang biasanya dijual di Jepang.

Selain dimasak dan dimakan langsung layaknya nasi putih, beras merah biasanya diolah menjadi bubur beras merah untuk makanan pendamping ASI (MPASI). Beras merah juga dapat ditepungkan menjadi tepung beras merah sebagai bahan baku untuk membuat kue-kue basah atau kering sebagaimana layaknya tepung beras putih.

 

Sumber: bbpadi.litbang.pertanian.go.id, itpc.or.jp

 

#Komoditas

#HMPPImenulis

#PeduliNyataBerkelanjutan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *